Diseminasi

Author
Published Mei 26, 2021
Diseminasi
Sebagian besar pembaca bisa jadi sampai saat ini masih mengacaukan penulisan kata diseminasi vs desiminasi. Seperti halnya saya ketika itu. Tepatnya di tahun 2017. Saya mendapatkan mandat untuk mengikuti training of trainer program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PPKB). Pelatihan dengan pola in-on-in, dalam kurun waktu 4 bulan itu, mempersyaratkan hampir disetiap kegiatan on para peserta diwajibkan melakukan diseminasi. 

Perbekalan untuk diseminasi disiapkan bersama oleh masing-masing tim/ kelompok peserta. Mulai dari model banner, materi dalam PPT, timeline kegiatan, alur kegiatan hingga  templat laporan.

Awal tahu jika penulisan kata desiminasi salah, saat seorang teman memberikan komentar pada contoh banner yang dibagikan dalam grup wa peserta TOT.

"Ada tulisan salah, Desi Ratnasari bukan Desiminasi"

Merasa penasaran dengan komen tersebut, saya langsung klik KBBI di aplikasi android. Begitu klik kata desiminasi tak ditemukan kata dan makna tersebut. Namun ketika klik kata diseminasi otomatis muncul makna dimaksud. Ada 2 makna diseminasi yang tertera pada KBBI V berlogo kemndikbud di aplikasi android. Pertama, penyemaian benih, bibit dan sebagainya. Kedua penyebarluasan ide, gagasan dan sebagainya. Terkait dengan tugas saya melakukan diseminasi saat itu, maka makna yang pas adalah makna kedua_menyebarluaskan ide atau gagasan dari hasil pelatihan.

Pelajaran berharga bagi saya, mungkin juga pembaca agar tidak lagi mengacaukan tulisan diseminasi vs desiminasi. Tips berikut jitu untuk digunakan. "Desi" selalu diikuti kata  nama orang atau artis_ Desi Ratnasari, Desi Puspitasari dll. Sedangkan "dise" selalu dirangkai dengan unsur kata minasi_diseminasi.

Bagaimana menurut Anda?


Bondowoso,26 Mei 2021
Husnul Hafifah

5 komentar

  1. Saya juga dulu pernah mendengar kepala dinas menegur pembuat spanduk bertulis desiminasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun sampe sekarang pun ternyata di spanduk yg ada tertulis desi...

      Hapus
    2. Iya bun sampe sekarang pun ternyata di spanduk yg ada tertulis desi...

      Hapus
  2. Betul... Betul... Betul... Saya juga sering salah... Thanks remindernya...

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021