Buah Kembang Wijaya Kusuma

Author
Published April 01, 2021
Buah Kembang Wijaya Kusuma



Penampakan buah wijaya kusuma

Ketika masih kanak-kanak, saya sudah familiar dengan bunga unik ini. Disebut unik mengingat mekarnya sesaat,  dan orang biasanya rela menunda tidur malamnya demi ingin melihat mekarnya sempurna. Bunga ini mekar sempurna dan menyebarkan harum semerbak  sekitar pukul 11 malam. Karena sifatnya inilah maka kembang wijaya kusuma dijuluki si ratu malam (Night Blooming Cereus)

Saya (kecil) dulu,  sering tertidur di kursi saat menunggu, ingin melihat mekarnya wijaya kusuma. Tanaman itu tumbuh liar di samping rumah merambat tinggi pada pohon jeruk bali. 

Bunga Wijaya Kusuma atau dengan nama latin  Epiphyllum anguliger.
Siapa sangka tumbuhan yang sepintas jika dilihat namanya asli Indonesia, nyatanya berasal dari Venezuela,  Amerika Selatan. Konon tanaman ini masuk ke Indonesia  dibawa orang cina. 

Sekitar 4 tahun lalu, saya mendapatkan 1 pot tanaman elegan dan langka ini dari seorang teman. Hanya saja jenisnya berbeda dari yang saya kenal puluhan tahun lalu. Bunga wijaya kusuma yang kutanam di pot gantung pada halaman rumah jenisnya kecil. 

Sejak Januari 2021, sudah beberapa kali kembang wijaya kusuma berbunga. Sisa mekar bunganya juga masih bisa dinikmati hingga pagi hari. Yang membuat takjub, saya menemukan penampakan merah menyala berbentuk bulat telur di sisi daunnya. 

Alhamdulillah ternyata seumur- umur  saya baru  tahu jika bunga wijaya kusuma memiliki buah. 

Bagaimana dengan Anda, sudah tahukan dengan penampakan buah kembang wijaya kusuma?

Bondowoso,  1 April 2020
Husnul Hafifah

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021