Ketika Senja Merona Aku Berkarya

Author
Published September 25, 2020
Ketika Senja Merona Aku Berkarya

Buku Kumpulan Cerpen "Merona Senja" ini adalah karya Sri Afiefiarti wijaya, S.Pd. Penulis adalah seorang guru bahasa Indonesia, di salah satu lembaga pendidikan pada lingkungan Kemenag Kab. Bondowoso. 
Sejak lama ia terobsesi menulis buku. Namun nyalinya baru terbakar ketika Bu Wiji (begitu nama panggilan dari para muridnya) saat salah satu cerpennya yang biasanya hanya ditulis untuk dibaca kalangan sendiri ( suami dan kedua putrinya yang juga guru bahasa Indonesia) menjadi juara pada ajang lomba cerpen antarguru di tingkat kabupaten. Lantas Ia pun mengumpulkan yang terserak. 

Terbitnya buku perdana ini sekaligus sebagai jawaban atas kegelisahannya dalam bersastra. Sebuah karya yang lahir saat penulisnya mulai merangkak senja, namun masih tetap terpikir untuk bisa memberikan sesuatu yang bermakna. Setidaknya bagi keluarga tercinta juga para murid-muridnya. Semangat bersastra yang ditandai dengan terbitnya kumpulan cerpen ini, juga sebagai pelunas hutang pada para peserta didiknya mengingat sebelumnya Ia sekedar memacu siswa gemar menulis.

Merona Senja, terlahir dari pena seorang wanita. Adalah suatu kewajaran jika 10 cerpen dalam buku ini, 9 di antaranya mengisahkah tentang wanita dengan segala kadar permasalahan yang berbeda-beda. Tema cerita yang diusung dari realitas sehari-hari yang begitu sederhana dan faktual. Berbicara tentang persoalan hidup dari himpitan ekonomi, cinta, konflik batin seorang ibu, ibu guru , juga wanita /istri pada umumnya atas kecemburuan dan penghianatan sang suami. Semua tersaji dalam alur, konflik yang tertata apik, mengaduk emosi pembaca dengan penyajian ending yang berbeda, dari menggantung, happy ending sampai dengan tragis.

Cerita tentang kehidupan yang sejatinya seperti jaring laba-laba. Beraneka peristiwa yang membentuknya hingga menjadi satu jalinan utuh, dan itulah kehidupan. Merona senja, kumpulan cerpen ini sungguh mampu mewarnai langit meski sudah senja, hingga berwarna jingga, cerpen -cerpen yang disuguhkan pada pembaca memberikan kekayaan hidup dan pengalaman belajar agar lebih bijaksana_membuat jingga  merona.

Merona Jingga saya rekomendasikan Anda untuk membaca.

Selamat pada sahabatku atas lahirnya Merona Jingga, saya tunggu buku berikutnya.

Salam literasi

Bondowoso, 25 09 2020

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021