Menulis Buku Semudah Chating?

Author
Published Juli 22, 2020
Menulis Buku Semudah Chating?


 Menulis itu mengespresikan apa yang ada di jiwa, maka ungkapkanlah apa adanya!

Sebagian  orang  mungkin akan meragukan  judul tulisan saya jika tanpa tanda baca. Itulah mengapa sekalian pada akhir judul itu saya beri tanda tanya. Adalah sebuah kewajaran jika Anda meragukannya, saya pun juga sama. Bagaimana menyusun buku yang tulisannya berlembar lembar halaman dianggap semudah chating, menulis satu paragraf saja ampun susahnya. Begitukan kata  hati Anda?

Saya sendiri saja ,juga perlu mikir ekstra untuk bisa membuat tulisan, fokus cari ide, ketemu ide mikir lagi dari mana ya memulainya. Ketemu titik mulanya eh tengah tengah ngadat, mikir lagi , ketemu sambungannya  ternyata perlu berjam jam tuk sekadar hasilkan tulisan 3-5 paragraf. Selesai nulis leganya luar biasa. Benar- benar merasakan eforia bagaimana plongnya lolos dari rumitnya menulis, kesimpulan saya  menulis tidaklah mudah.

 Lalu bagaimana ceritanya tiba- tiba saya mengangkat judul yang sangat bertetangan dengan pengalaman saya ? Rumusnya darimana? Mau tau aja apa mau tau banget? Kasih tau nggak ya? Ok buat yang mau tahu banget ayo lanjut membacanya.

Judul tulisan ini saya copas _hanya ditambah tanda tanya_dari materi Bimbingan Belajar Menulis di;pertemuan ke-21 , pada Jumat malam 17 Juli 2020 lalu. Materi malam itu menurut saya sungguh istimewa. Belajar menulis gratisan namun narsumnya adalah salah satu pemotivator top Indonesia. yaitu Bapak  Amir Faisal adalah Praktisi Bisnis dan konsultan marketing beberapa perusahaan Gogreen Industry. Certified on Creation of Enterprises, International Certified on Dynamic Coaching NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil, salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.  Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo.

Hingga kini beliau sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dll. Jika pembaca ingin mengenal lebih dekat tentang beliau, inilah contact Person yang bisa dihubungi : 08157698288 WA atau melalui  E-mail : mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.

Faisal Amir bukanlah sosok yang  berlatarbelakang  dunia tulis menulis ataupun dari dunia pendidikan. Namun dia sejak awal adalah profesional marketing dari suatu perusahaan selama 8 tahun lalu risain. Mendirikan perusahan sendiri juga sama 8 tahun lamanya. Merasa lelah dengan pekerjaan di perusahaan sendiri ia kemudian putar haluan. Bekerja sebagai konsultan.

Dunia baru yang ditekuninya membuka kesadarannya, bahwa jika  ingin dikenal banyak orang secara nasional maka ia harus melakukan personal branding. Salah satu cara personal branding adalah melalui tulisan. Ia pun menulis sebuah buku, dan bukunya langsung diterima di penerbitan skala nasional yakni Gramedia. Dalam kurun waktu 2 bulan bukunya laris manis dan best seller. Dan benar saja dari Buku pertamanya berjudul "Menyiapkan Anak Menjadi Juara " akhirnya beliau di kenal masyarakat secara luas, dan karirnya sebagai konsultan kian melesat cemerlang diundang berbagai kalangan untuk memberikan berbagai pelatihan.

Bagaimana Konsep Menulis Semudah chatingan?

Melalui vidieo you tube yang kedua Ia menceritakan bahwa ketika sedang mengikuti pelatihan Leadership bersertifikat Internasional, teman peserta perempuan, seorang Dr. Dosen Fakultas Psikologi menanyakan “Kenapa Anda kelihatan begitu mudah menulis buku, dan bisa lolos di Gramedia, sedangkan saya sudah berkali-kali mencoba menulis buku, tetapi selalu gagal?"

Dari sharing  sang Dosen itu akhirnya Pak Amir tahu bahwa si Dosen dalam menulisnya masih terkunkung dengan berbagai penerapan aturan sebagaimana dunia akademisi yang digelutinya. Seperti kajian teori ilmiah, khawatir tulisannya tidak mencerminkan jika dirinya sebagai akademisi. Opsi yang sarankan  pada sang Dr itu adalah nulis atau fungsi akademisi? "Jika menulis yang menjadi pilihan maka ubahlah  mindset Anda!"

Bongkar Minset Tak PD dalam menulis.

Berdasar sejarah penulisan sejak zamannya Aristoteles dkk, para pujangga, menulis itu bagi mereka merupakan ekspresi jiwa, mengeluarkan beban batin.

Menulis menghilangkan stres "free writting" Kebebasan menulis, menulis tanpa tekanan tanpa ada hambatan apa pun. Lepaskan pikiran anggapan menulis itu sulit! Ubahlah dengan minset bahwa menulis itu gampang.

Praktikkan!

Manusia memiliki batang otak yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis. Ketika ada tekanan syarat di batang otak akan menutup sebaliknya jika happy akan terbuka. Demikian halnya dalam menulis jika kita happy melalukannya maka tulisan yang dihasilkan akan lancar mengalir.

 Manusia secara kodrati sudah dilengkapi dengan syaraf kecerdasan linguistik baik secara oral dan tulisan di tempat yang sama. Hanya saja manusia sering tidak mengoptimalkan keduanya. Manusia cenderung mengotimalkan kecakapan linguistik melalui oral atau berbicara.

Contoh ibu-ibu bisa memarahi panjang lebar suami , anak atau membicarakan orang lain dengan kata-kata. Mulai sekarang stop kemarahan Anda lewat kata-kata, tapi pindahkan ke tulisan/ gunakan jemari. Tuliskan segala rasa dan uneg uneg seperti melakukan chatingan pada wa.

Maka mulai hari ini, menulislah melalui:

1. Ungkapkan hal hal negatif, seperti kemarahan, uneg negatif pada seseorang

2. Ungkapkan hal hal positif atau kebaikan dari orang orang dekat anda, suami, istri, anak, atau kawan   -  kawan Anda.

3.Tulislah impian Anda.

Tuliskan apa saja tentang impian Anda misalkan tahun 2025  menjadi penulis buku terkenal. Ekpresikan ke dalam tulisan Anda sedang melakukan aktivitas apa terkait kesuksesan itu.

Siapapun Bisa Jadi Penulis

Ya, semua orang bisa jadi penulis. Lakukan tips dibawah ini :

               1. Mulai hari ini, Stop Copas, karena itu akan membunuh kreatifitas Anda dalam menulis.
                   2. Jika Anda makan tiga kali sehari, maka buatlah tulisan minimal sehari juga tiga kali.
                   3. Tulis detik ini juga, apa yang ada di kepala Anda, misal tulislah tulisan pendek dengan judul misalnya,  
                       “Kenapa aku minder menulis
                   “Kenapa Aku Merasa Bodoh dan Orang Lain Pintar?”  
                    “Group WA Ini Bikin Bete, Tapi Aku Butuh”
                   4. Upload Tulisan Anda Jika Anda yakin bisa menambah rasa percaya diri dan Passion menulis Anda
                   5. Simpan dan Baca Sendiri jika tulisannya menekan dan membuat Anda kurang percaya diri jika diupload, tetapi
                        sebaliknya bisa menghibur Anda.

Teruslah menulis dan jangan berhenti hingga gen myelin di thalamus menyempurnakan Anda menjadi penulis andal. Hal itu secara alamiah akan terjadi dengan sendirinya jika Anda sudah mencapai 10.000 jam terbang.

Demikian gambaran mengenai materi menulis buku semudah chatingan bersama Bpk Faisal Amir. Semoga Manfaat. Selamat memraktikkan!

  Penulis Husnul Hafifah 
              ASN Kemanag Kab. Bondowoso 


6 komentar

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021