Sabar itu Jangan dibatasi

Author
Published Juli 11, 2020
Sabar itu Jangan dibatasi
 
 
Saya menulis ini, ketika baru saja selesai menyirami tetanaman yang ada di teras dan halaman depan rumah. Ada berbagai tanaman dan bebungaan. Di antara tanaman yang ada : mangga, jeruk purut, jambu biji, jambu air. Sedang bebungaan seperti kuping gajah, anggrek bulan dkk anggrek yang saya tidak tahu namanya secara pasti dan bunga - bungaan lainnya, masih sama saya juga tidak tahu namanya. 

Saya sendiri sebenarnya tidak hoby menanam bunga, justru yang hoby suami. Namun untuk merawat dan menyirami saya melakukan dengan senang hati.  Bahagia menjelma datang di hati, ketika memandangi bebungan dan tetanaman di teras dan halaman rumah kami. Semua yang ada memberi hiburan, terlebih saat pikiran jenuh. Plong rasanya beban, berada di sekitarnya.

Seperti halnya pagi ini, dua hari  sebelumnya pikiran dan fisik nonstop fokus di depan laptop dan pada tumpukan berkas-berkas. Pekerjaan kantor yang ditarget harus selesai bersamaan dengan tugas rutin lain. Menyusun laporan rekapan kelayakan persyratan percairan guru penerima sertifikasi.( di kementrian kami di cairkan pertriwulan) pendukung persyaratan harus lengkap. Saya harus memeriksa kelengkapan berkas proposal pengajuan pencairan dari para guru mitra yang mayoritas guru non-PNS mengajar di sekolah swasta. 

Lumayan ribet juga.Tapi tak ada pilihan,  harus mengikuti prosedure yang ada. Setiap rupiah uang negara yang diterimakan  ada pertanggungjawabannya. Begitu bunyi aturannya. Menyalahi aturan akan jadi temuan  Irjen yang kerap kroscek secara berkala mengunjungi kantor kementrian di kabupaten kami.

Kalang kabut juga sih memenaj waktu mengingat pekerjaan rutin juga date linenya sama. Akhirnya oleh atasan diberi perioritas mana yang harus diekskusi terlebih dahulu. Alhamduliah benang keruwetan mulai terurai. Tadi malam sambil menyimak materi bimbingan belajar menulis via wag binaan Om jay. Satu tugas final, bisa bernapas lega walau tugas lain masih ngantri. Belum lagi komitmen menulis 15 menit perhari, sudah dua hari dilewati.
 
Alhamdulilah hari ini hari sabtu, libur kantor namun ada PR yang masih perlu dituntaskan. Sebelum lanjut mengerjakan PR saya jeda sejenak rekreasi di pekarangan rumah. Kemudian merangkai tulisan untuk  belajar istiqomah, serta membuat resume dari pertemuan tadi malam dan pertemuan sebelumnya.

 Semoga juga hari Senin berkas pengajuan pengesahan dokumen 1 sekolah binaan terselesaikan.  Artinya saya harus bersiap siap lagi, melanjutkan memeriksa  berkas dokumen 1 sekolah binaan sebanyak 20 lembaga. Seperti seorang Dosen yang mengeksekusi proposal skripsi mahasiswanya, Memberinya catatan sesuai hasil pemeriksaan berkas  pada dokumen agar kepala sekolah dan tim pengembang kurikulumnya bisa menikdaklanjuti catatan yang diberikan. Endingnya mengajak mereka pada perubahan  sederhananya mereka cerdas berliterasi. 

Berdasarkan dukumen 1 yang sudah dikoreksi ada beberapa temuan, sekolah ( tim pengembang) lemah update dalam regulasi. Sebagai contoh Dokumen 1 tahun 2020-2021, pada pembuatan SK- SK , apakah itu SK penetapan tim pengembang, penetapan KKM, dll. Regulasi yang dipakai masih regulasi lama  dan sudah tidak dipakai lagi. Bisa jadi dokumen kopi paste ataukah memang mereka belum cerdas berliterasi. Rupanya masih diperlukan kesabaran tingkat tinggi dan sabar jangan dibatasi dalam memberikan pendampingan pada sekolah mitra yang karakternya bervariasi bahkan ada yang cenderung kurang tanggap dan kurang peduli dengan dinamika perubahan dibidang pendidikan saat ini.

 Demikian tulisan yang saya buat pagi ini. Mohon doanya semoga kita semua diberikan kesehatan serta dimudahkan dalam  menyelesaikan amanah yang dititipkan. Aamiin

4 komentar

  1. Udah banyak bunganya ya...
    Ya..manusia selalu sibuk...
    Yg penting dikerjakan dengan tulus...semoga,semua selalu sehat...amin

    BalasHapus
  2. Semangat bunda...
    Semua pekerjaan pasti akan selesai

    BalasHapus
  3. setuju Bu, kalau dibatasi namanya bukan sabar hehe

    BalasHapus
  4. Mantap..
    Bismillah
    Sabtu, 11 Juli 2020, Postingan ke-421. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com


    Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
    http.sarastiana googleAdsense.com

    Metode Pembelajaran Sosiodrama
    www.sosiodrama.com

    Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021