BELAJAR NGEBLOG DI BLOGGER COM PADA PAK BRIAN

Author
Published Juni 16, 2020
BELAJAR NGEBLOG DI BLOGGER COM PADA PAK BRIAN

Resum Kuliah Online Pertemuan Ke- 7

Narasumber        :  Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.

Tempat tgl Lahir : Jakarta, 30 Juni 1992








Senin, 15 Juni 2020. Seperti Biasa bimbingan menulis gel 12. malam ini dimulai tepat pukul 19.00.wib. Sehari sebelumnya saya membuka you tobe yang dikirim OM Jay, beliau mengofokan jika narsum perkulian pada Senin malam  akan diisi oleh Pak Brian. Seorang guru SD yang masih muda belia.( seusia anak pertama saya,selisih 3 tahun lebih tua) Pak Brian adalah seorang guru Bloger ternama, sudah 11 tahun  memiliki dan mengelola blog di bloger.com, selain itu ia juga penulis buku.Alhamdulillah, merupakan suatu berkah bagi saya, bisa kenal dengan OM Jay, lalu digabung pada kelas 12 ini. Awalnya sih Om jay sudah bolak balik share flayer pelatihan menulis. Namun hati saya belum tergerak sedikitpun. Bukan apa- apa, hanya merasa tidak PD saja. Terlebih usia yang sudah merambah Lolita( lolos lima puluh tahun). Kok sepertinya merasa aneh saja bila ngumpul mereka yang muda-muda.

Rupanya kegigihan OM jay, yang tak pernah bosan berbagi lewat postingan blognya, you tubenya  yang sarat motivasi serta berbagai giat yang beliau lakukan tiap hari. Perlahan tapi pasti hati ini bergerak awalnya ya sekedar bertanya, eh tak taunya saya langsung ditarik duduk dan ngaji bersama di sini. Mantra ajaib om jay “menulislah tiap hari dan perhatikan apa yang terjadi”. Mantra ini menantang saya untuk menemukan apa yang terjadi.

Syarat kelas menulis OM Jay seperti yang disampaikan bu Fatimah ( moderator) adalah memiliki alat tulis berupa blog. Ada sedikit panik mendengar syarat itu. Mana bergabung di kelas sudah terlambat 1x, eh, langsung ditodong bikin blog. Jadilah awal itu sebagai kepanikan. Mencoba mempraktikan tautan membuat blog yang ada di grub. Tapi tidak serta merta langsung bisa, maklum sudah Lolita, di tambah kemampuan IT yang nyaris tak punya. Untung ada anak no 2 yang memandunya. Akhirnya bisa walau tak sempurna. Blog jadi dengan postingan perkenalan dengan bahasa yang sederhana pula. Hla ,malah kolom komentarnya tidak ada. Ingat pesan dari bu Fatimah jika ada kesulitan hubungi Pak Brain. Lalu dicobanya mengikuti saran, allhamdulillah yang ditujupun  tak lama memberikan tanggapan.

Saya malam ini baru sadar teryata yang saya curhati kenapa blog saya tidak tidak muncul komentar  adalah narasumber malam ini. He he trima kasih Pak Brian. Saya adalah salah satu peserta yang mengalami kesulitan dan ternyata langsung mendapat pertolongan. Saya tidak sungkan lho untuk ngilmu pada P. Brian. Jujur Blog saya dari awal dibuat sampe sekarang belum ada perubahan. Masih belum punya nyali untuk otak- tampilan. Isinya pun masih nyampur tanpa tema . Bahkan  baru tahu yang namanya niche.

Mungkin sama ya pengalaman saya dengan Pak Brian ketika pertama kali ngeblog, tidak paham fungsinya dan tidak paham apa yang mau ditulis serta tidak tahu cara mempostinggnya.Yang berbeda mungkin usia, Pak Brian Ngeblog di masa SMA, sementara saya ketika anak pertama sudah lulus kuliah. Abaikan saja, terpenting sekarang dengan belajar saya sudah bisa punya blog sendiri. Awalnya sih ada blog royokan di gurusiana. Rasanya beda dengan punya blog sendiri. Punya blog sendiri  rasanya lebih gampang dan lebih bebas berekspresi.

Seperti yang disampaikan Pak Brian kata kunci ngeblog adalah motivasi. Untuk Apa ngeblog? Pastinya tiap orang berbeda motivasinya. Namun agar langgeng mengelola Blog maka harus ada target. Jadi jika tagetnya adalah untuk menulis, maka targetkan berapa postingan perminggunya. Menulis di blog untuk menerbitkan buku, maka tiap tulisan hendaknya diberi label/ pengelompokan genre teks sehingga nantinya lebih mudah ketika tulisan dijadikan buku.

Masih tentang blog, bloger baru perlu menunggu paling sedikit 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, dan itupun belum pasti diterima. Saran P.Brian bloger muda kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media menulis saja. Setuju , saya membuat blog tujuannya menabung tulisan. Perkara ke depan ada kemajuan atau naik kelas ya, bersyukur semoga dikabulkan.

Jangan takut kehilangan ide untuk menulis, ide itu bisa datang darimana saja dan kapan saja. Tak perlu menunggu ide/ kejadian hebat untuk ditulis, tapi mulailah menulis hal biasa yang dilakukan dan alami. Seperti aktivitas sehari hari di rumah atu di tempat kerja. Apalagi seorang guru tentunya punya banyak cerita.

Info dari Pak Brian terkait dengan Blogspot adalah blogger.com yang perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Namun masih tahap uji coba. Kita dapat mengembalikan pada tampilan lama.Namun ada baiknya mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com.

Untuk fitur halaman baru silakan kunjungi  http://youtu.be/mPepysATwSY

Untuk isi Blog kunjungi http:www.praszetyawan.com/2020/03/daftar-isi-lengkap-buku-blog-untuk-guru.html

Contoh blog:https;//www.praszetyawan.com/p/my-other-blog.html

Tips membukukan tulisan: https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html

Buku Karya P.Brain


Tips Agar blog menjadi perioritas ditemukan mesin pencari ada 2 caranya :

1.      Buatlah tulisan yang masih jarang diposting orang  web/blog lain.

2.  Mendaftar blog ke google webmaster. Perlu waktu memahami tapi ampuh memunculkan blog di halaman  pertama google.

3.      Hindary copas tulisan orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

 Kesimpulan

Menulis di blog merupkan modal awal untuk membuat kumpulan tuliasan menjadi buku. Jangan menyerah karena kesulita yang kita temui keitka ngeblog. Menulislah lepas tanpa ada beban, apakah tulisan kita baik atau belum atau apakah tulisan kita dibaca atau tidak.Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa oleh orang lain. Maka kita menulislah.( Raimundus Brian Prasetyawan)

 

Penulis

Husnul Hafifah


14 komentar

  1. Semangat bun... Mantul ..udah rapih.... Jgn lupa mampir ya....tq

    BalasHapus
  2. naaah ini yang mau saya tanya, judulnya kok bisa bagus ya tulisannya, mau belajar aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo tulisan di judul itu pilihan tema / templet yg d pake

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Bagus resumenya. Tapi maaf bu, tulisan nama saya typo di judul blog hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021