Mengulik Pendokumentasian Kegiatan Melalui Blog

Author
Published Juni 25, 2020
Mengulik Pendokumentasian Kegiatan Melalui Blog
Resume Belajar Menulis Via Wa Gel 12
Pertemuan Ke : 11
Narasumber    : Dedi Dwitagama



Bahagia kembali menyeruak di hati di malam ini, hati tak bisa memungkiri akan bertambah lagi wawasan dan pengetahuan kami dari mengikuti kuliah menulis. Malam ini adalah pertemuan yang ke 11, artinya 11 narasumber sudah mengisi dan berbagi ilmu, tips serta kiat- kiat sukses mereka pada kami. seperti biasa  15 menit sebelum kegiatan dimulai  Om Jay menyapa kami melalui vidio singkat  selain menyapa, memberimotivasi,  dan menginformasikan narasumber. Malam ini beliau juga memnta maaf karena sedikit mengurangi aktivitasnya mengingat kesehatannya yang masih belum prima

.Pukul 19. pemandu acara ibu fatimah, membuka kuliah lalu memberikan waktu kepada Pak Dedi Dwitagama. .Beliau pun menyapa dengan salam lalu memperkenalkan diri, dan buat yang belum kenal menyilakan untuk mengklik link tautan yang diberikannya.  Inilah salah satu dari tampilannya.
 


Melihat foto-fotonya yang berserakan di blognya dalam berbagai kegiatan,tanpa tulisanpun fotonya bisa berkisah. Pak Dedi  yang dalam perkenalannya menyebut sebagai guru Matematika di SMKN 50 Jakarta, ternyata   bukanlah  guru biasa, namun super luarbiasa. Setelah saya mengunjungi salah satu blognya nyata beliau memiliki banyak job yang digeluti. Dari pendidik, trainer, narasumber, motivator bidang pendidikan, pencegahan penyalahgunaan narkoba, HIV/AIDS selengkapnya  di http://dedidwitagama.wordpress.com.

Pak Dedi menulis di blog sejak 2005, blognya ini digunakan untuk mendokumentasikan  perjalanannya dari sabang sampai Meraoke dan beberapa negara di dunia lainnya, selengkapnya di ; http://trainerkita.wordpress.com. Pak guru Dedi juga mengajak yang senang foto bisa mengunjungi  instagramnya di  https://www.instagram.com/dwitagama/ dan bagi penggemar youtube klik  https://www.youtube.com/user/dwitagama

 Menurut guru Matematika SMKN 5 Ini. Blog merupakan  catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimilki oleh pyra labs akhirnya diakuisisi oleh goegle pada akhir tahun 2002.

 Semenjak itulah banyak aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog. Beliau pertama kali memulai blog  tahun 2005 dan aktif hingga sekarang di http://dwitagama.blogspot.com.

 Tahun 2007 hijjrah ke wordpres, https://dedidwitagama.wordpress.com.  Dalam kurun 13 tahun ngeblog Beliau telah menulis 4.100 artikel dan dilihat pengunjung diangka 600.000. pencapaian luar biasa. Di samping itu juga beliau ngeblog di kompasiana.

 Selain itu beliau juga menyebutkan manfaat blog itu seperti  keranjang yang dititpkan di dunia maya. Artinya blog sebagai tempat mendokumentasikan segala kegiatan, perjalanan, idee-ide, keresahan atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan di rapat-rapat sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun.

 Malu bertanya sesat di jalan. Pribahasa inilah yang ingin diterapkan beliau pada peserta dalam berbagi. agar lebih interaktif walau lewat tulisan.  Beliau menyilakan peserta untuk bertanya secara langsung apa yang ingin diketahui. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan peserta. Semua  pertanyaan yang diajukan dijawab tutas. Namun sayang waktu yang membatasi. Bagi peserta yang masih ingin sharing silakan menjapri,begitu yang dipesankan.

Beberapa catatan yang saya tangkap dari  apa yang beliau ungkapkan adalah:

1)     Menulis bisa dilakukan kapan saja saat ide muncul, bisa saat menunggu anak di loksi parkiran, sambal dengar music di  mobil, menulis tanpa perlu diedit, langsung tayangkan saja.

2)     Menulislah sesering mungkin, mengingat pengalam menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan.Selain itu lakukangkunjungan ke blog teman sebagai pembanding.

3)     Membalas komentar pembaca blog akan meningkatkan motivasi menulis. Jadikan bahagia dalam menulis bukan sebagai beban.

4)   Tips menggunakan waktu dalam berbagai kesibukan adalah kita pengendali waktu, oleh karenanya kurangi membuka grup medsos  yang sarat hoax, gantilah dengan membuka portal minim hoax, jarang ngerumpi. Manfaatkan waktu 15 menit menulis dan usahakan posting atau jadwalkan waktu untuk terbitkan tulisan.

5)     Tips agar blog banyak pengunjungnya maka kunjungi blog orang lain, berikomentar dan balas komentarnya.

6)     Tips memunculkan kalimat yang menarik tulis pertama kali atau terakhir sebelum upload, gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin membaca hingga tuntas artikelnya. Contoh : Apa komentar anda jika melihat  tembok jalanan penuh coretan?

7)     Pada prinsipnya tulisan  yang sama diposting pada dua blog. Namun untuk di kompasiana sebaiknya diposting pertama kali, baru di blog yang lain.

8)     Cara menerbitkan buku dari blog, kumpulkan tulisan dari blog sesuai tema, konsultasikan ke editor atau pihak penerbit.

9)      Panjang tulisan di blog relative, umumnya  beliau menulis 3 paragraf.

10)  Jangan pernah menolak jika diminta presentasi.soal dibayar atau tidak urusan belakang. Persiapkan mental, sering berlatih di depan kaca, siapkan  slide lengkapi foto dan vidio, dan kuasai materi.

11)   Berkah ngeblog  orang lain ( panitia) bisa menemukan beliau dari goegle, sehingga sering diundang kemana-mana.

Kesimpulan:

 Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi orng lain. Seperti dalam peribahasa gajah mati meninggalkan gading bla bla.  Terapkan dengan menggunakan aplikasi  /media blog yang ada di android. Menulis di blog,mendokumentasikan apa saja yang terlintas, semoga membuat dikenal orang dan nikmati hasinya kemudian.


Dibuat  oleh :Husnul Hafifah
Bondowoso, 25 06 2020

 

















6 komentar

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021