Guru Pendongeng Berbagi Kisah Guru Ngeblog di Word Press

Author
Published Juni 13, 2020
Guru Pendongeng Berbagi Kisah Guru Ngeblog di Word Press

Resume Petemuan Ke-6,

Dibuat oleh : Husnul Hafifah

 

 

Hampir saja saya melupakan jika malam ini ada belajar menulis via wa di gel 12. Pekerjaan mengecek dan ricek berkas usulan pencairan TF menyita perhatian. Untung saja tidak jadi terlupakan. Walau dengan capek dan signal yang timbul tenggelam, diri tetap bersabar bisa bergabung menyimak perjalanan panjang seorang guru hebat dengan berbagai multitalenta. Beliau adalah Bapak Bambang Purwanto ,S.Kom.,Gr. Beliau memiliki 3 julukan. Jika di keluarga dipanggli abang. Jika mendongeng disebut Ayah Salwa. Jika sebagai guru di SMP Taruna  Bakti dipanggil Mr Bams, merupakan ayah dari seorang anak serta suami dari seorang istri. Lahir di kota Bandung, 6 April 1974.




Wabah covid menuai berkah ?

Sebagian orang mungkin merana dengan kehadiran covid. Sebaliknya tak sedikit pula orang yang membuat testimony  bahwa covid membawa keberkahan tersendiri, dan sangat berterima kasih ada covid. Bagaimana Mrs Bams mengungkapkan covid sebagai suatu berkah ?

Mr Bams mengawali kisahnya dengan perjalanan panjang menjadi seorang guru. Cita-citanya setelah lulus SMA tahun 1992  ingin kuliah  di IKIP  ( sekarang ) UPI. Mendafta daftar ke PGSD tahun 1992 akan tetapi kenyataan kehidupannya berbeda. Ia tidak diterima tapi justru temanya yang ikut-ikutan diterima di PGSD itu.

Ia pun akhirnya lulus SMA  tidak melanjutkan kuliah, namun ikut kursus Komputer di Bandung selama 3 bulan, setiap hari. Sebelum lulus dari tempat kursus komputer pun ia sudah bekerja disebuah Konsultan.


2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)

2004 - 2008 : Pendongeng Keliling

2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan

2008 - sekarang : Guru SMP Taruna Bakti

Kenapa Konsultan

Alasan memilih konsulutan saat itu Mr Bams diterima sebagai tenaga administrasi, yang mengoperasikan komputer diperusahaan konsultan pemetaaan.

 Kapan Mulai buat Blog ?

Kisah ngeblog Mr Bams, ketika Ia tahun 2008 diterima di SMP Taruna Bakti. Tahun 2009 selain sebagai guru ia  diminta membimbing ekskul  blog, tetapi memakai multiply.  Dalam perjalanannya ternyata multiply tidak bisa dipakai lagi. Ia lalu pindah ke wordpress. Kenapa nggak blogspot,?  Katanya sudah  jodoh.  Jadi dia pilih wordpress

Kenapa Ngeblog ?

 Alasan  utama ngeblog,  Mr Bams sangat menyenangi dunia menulis. Blog baginya adalah bagian dari alat tulisnya. Melalui blog tulisan tidak sekedar disimpan akan tetapi bisa dipublikasikan dan di baca banyak orang sehingga bermanfaat bagi orang lain. Selain itu  sejak tahun 2003  Dia juga berprofesi sebagai  pendongeng  tetap di di dinas arsip dan perpustakaan  kab. Bandung. Sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011 ia  membuat Taman Baca di rumah sendiri, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, Mr Bams sekeluarga pindah nggak jauh dari Taman Baca. Melalui blog apa pun kegiatannya bisa dipublikasikan dan tentunya bisa menjadi inspirasi banyak orang (pembaca)

 Pegiat Literasi

 Mr. Bams juga pegiat literasii. Label pegiat literasi itu nempel sejak tahun 2011 dan sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren. Di SMP Taruna Bakti sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah ( membaca lima belas menit) Ia sudah jauh mememiliki kegemaran membaca. Sehingga apapun kegiatan sekolah yang berhubungan dengan literasi , Mr Bams selalu mendapat jatah  terlibat.

 Prestasi tertinggi di sekolah :

 Salah satu prestasi yang disabet SMP Taruna Bakti  adalah ketika tahun 2019 mendapatkan Juara LIterasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri dan mengalahkan SMP favorid di kotanya. Mr Bams sebagai Ketua Tim Literasi. Selain prestasi di  sekolah, Mr Bams mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Di tahun yang sama Ia juga mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019, dan masuk  6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur.

 Bagaimana mengelola blog ?

Untuk mengetahui bagaimana mr Bams mengelola Blog, silakan kunjungi :

https://penamrbams.id/contoh-blog-yang-dikelola-mr-bams/

 

Tujuan Membuat Blog :

Ada enan alasan mengapa Mr Bams membuat blog:

1. Malu sebagai guru TIK nggak punya blog

2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog

3. Berbagi pengalaman

4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)

5. Menghasilkan rupiah

 

Apa Isi Blog?

Blog itu bisa di isi apa saja. Namun intinya hanya 2, yakni

1. Isilah dengan apa yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah   puisi

2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi.

Contoh saja dia sekarang, sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukannya bersama Omjay. Menurutnya Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA. Benar juga saya sebagai pemula bisa merasakannya, tanpa ribetnya mengisi presensi dan bisa melihat langsung rekapan esok hari saat berkunjung ke blognya Mr Bams.

 

 Wabah Covid-19 menuai berkah

Sebagaimana perjalanan panjang kisah hidupnya. Berawal dari kegemaran  menulis dan mengembangkan pada blog, lalu membawa takdir perjumpaannya  dengan om jay di era pandemi covid. Ia pun merasakan ajaibnya menulis. Bagi Mr Bams Covid memberikan keberkahan tersendiri kepadanya. Adanya covid dia yang keranjingan menulis di blog dan jago mengelola Blog. Akhirnya juga memberanikan diri membuka kelas Blog. Idenya terinspirasi oleh Om Jay Om Jay dan Kang Encon. Dia memperhatikan  bagaimana polanya serta  bagaimana mengelola kelas online di WA. Bukan Mr Bams jika tak bisa gerak cepat dan singkat. Akhirnya  ia pun merilis kelas belajar Blog . Yang kini sudah berjalan:

1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni

2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni

3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)

Kelas blognya sih  belum bisa seperti Omjay. semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harga terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet masih jauh begitu katanya.

Sudah banyak testimoni dari peserta kelas ngeblog yang dibinanya. Secara lengkap lihat di sini:

https://penamrbams.id/testimoni-peserta-kelas-blog-bersama-mr-bams/

Kisah ngeblognya bersama guru di word press pun akhirnya jadi karya buku, dan buku itu menurutnya akan jadikan persembahan untuk kita semua guru pastinya.  Ada kata bijak  Mr Bams yang patut kita catat.

Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah.

Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya

Bermodal mau maka akan menjadi bisa.

 

Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun.

 

Poin Penting dari  cerita guru  ngeblog di  word press bersama mr Bams

1.   1. Orang sering tergoda dengan penampilan. Sehingga saat belajar blog cenderung otak atik mempercantik tampilan. Beradamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis. Semiggu sekali kah ? Dua hari sekali kah ? Atau setiap hari. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intensitas menulisnya.

2.   .   Ubahlah pola pikir  saya malas ngeblok atau saya tak bisa,maka gantilah Saya sedang berjuang membuat blog, maka saya akan lakukan. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih.

3.       Menulis di blog bisa di mana saja, ada blogspot ada wordpress, ada juga yang di web. Menulis di mana pun bagus, tergantung selera dan kebiasaan. Boleh punya dua asal bisa dikelola dengan baik,dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang tekun.

4.       Menulis di blogger dan wordpress adalah pilihan, sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung pengguna,saran focus pada salah satu dan berbahagialah mengelolanya.

5.       Hal positif yang didapat dari mengelola blog atau word press adalah  hidup merasa tertantang untuk bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target.

Seperti  menu penamrbams.id

  Pagi >>> Berita

  Siang >>> bebas, kadang posting kadang tidak

  Malam >>> Tulisan Sebelum Tidur

Kendala saat ngeblog

1.       Jaringan sedang tidak bersahabat, padalah kita mau posting

2.       Kehabisan ide, solusi membaca

 6.       Tips agar blog ramai dikunjungi

               1. Tergabung dengan komunitas (seperti grup menulis ini, ada 12 grup)

2. Sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG

3. Rajin berkunjung ke blog yang lain

4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain

7. Tips mempublikasikan tulisan pada bebarapa blog adalah dengan memberikan tulisan tambahan  pada akhir halaman dengan kalimat “ulisan ini pertama posting di ...blogpost.com”  

77. Cara paling gampang menerbitkankan  berkenalanlah dengan penerbit, biasaya penerbit akan memberikan arahan. Konsultasi lebih jelas dengan Omjay silahkan. Memang harus bersabar, yang penting selalu ada ikhtiar. Bila sudah waktunya pasti bukunya terbit

8.   Bila tulisan kita sudah ada di blog, maka ikhlaskanlah. Karena bila sudah dipublish, tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi kita sebagi blogger yang baik, bila mengambil sumber dari yang lain sebaiknya link/URL nya disebutkan juga, sebagai penghargaan kepada pemiliknya, atau penulisnya. Menabung yang baik adalah dengan memberi memberi manfaat pada orang lain.

9.   Blog, vlog dan youtube memang berkompetisi. Pergeserannya luar biasa. Vlog lebih ramai. Namun untuk guru, ada pesan yang harus disampaikan pada generasi masa depan. Menulis tak akan tergantikan. Menulis meninggalkan sejarah dan jejak untuk kelestarian.

10 .  Blog enak dibaca, enak dilihat  butuh keterampilan. Seperti menulis butuh keterampilan. Berlatihlah menulis setiap hari. Enak dilihat harus  belajar mengatur tampilan. Bisa bertanya tentang mengatur tampilan pada yang tampilanya bagus.

 

Kesimpulan

 1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.

2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.

3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.

4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan

 Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jamaan.

 

Profile:

Kunjungi:   https://penambams.id/profil-mr-bams

 


12 komentar

  1. WOW.... bunda tambah hebat aja ... resumenya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bun...he he blm tahu caranya ngedit teks biar gk klihatan copasnya... he he kopas langsung dr Mr kok klihatan ya ....

      Hapus
  2. Sdh mampir ...Bu..mantap .mhn ...tengok2 juga Bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok...di japri linknya kadang klo pas ndak buka wag terlewati

      Hapus
  3. Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman. Super sekali

    BalasHapus
  4. Ya.... semua pasti ada hikmah nya.. Mantul bun..super lengka

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021