MENULIS UNTUK BERBAGI DAN MENULIS UNTUK BERPRESTASI

Author
Published Juni 17, 2020
MENULIS UNTUK BERBAGI DAN MENULIS UNTUK BERPRESTASI

Resume Kuliah Belajar Menulis Gel 12

Pertemuaan Ke- 8

Narasumber : Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD

 

Malam ini saya bersyukur bisa bergabung melanjutkan belajar menulis di gelombang 12. Agak terlambat saya masuk kelas, kebetulan ada acara bersamaan awal dimulainya. Kuliah malam ini narasumbernya berada di gelombang 8. Seperti yang tetera dalam profil, beliau adalah ibu guru muda yang cantik dengan nama lengkap Thersia Sri Rahayu, S.Pd. SD. Guru kelahiran Kuningan 13 September 1984 ini memiliki berbagai prestasi sesuai bidang pengembangan keprofesiannya. Di samping ia juga sebagai penulis, dan penghargaan terbaru yang ia sabet adalah Bloger inspirati dari penerbit Andi.

Ibu Tere biasa dipanggil dengan sebutan Cik Gu Tere, dan nama blog sebagai tempat ia berbagi dan menginspirasi, Anda bisa mengunjungi https://cikgutere.blospot.com. Seperti yang diceritakannya Cikgu Tere ini membangun semangat menulisnya  berangkat dari dua hal, menulis untuk berbagi dan menulis untuk berprestasi. Kata kunci inilah yang menyemangati dirinya sehingga apa yang dilakukannya membuahkan hasil dan bisa menginspirasi setiap orang.

Dalam kesederhanaan, walau banyak prestasi ia tidak mengunggulkan diri, tanpa ragu ia menceritakan awal kisahnya bisa bergabung dengan pelatihan menulis melalui Wag yang digawangi Om Jay. Ia  tergabung dalam gelombang 4. Sempat dilanda kebingungan juga saat sebagai peserta diminta untuk membuat resume, mengirim via email pada om jay serta memposting pada blog. Dalam bingung ia Tanya-tanya pada peserta lain juga mencoba mengimitasi, namun belum memuaskan hatinya. Semangat belajarnya yang tak henti. Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay melakukan blog walking, dan ia mulai menemukan style sendiri dalam menulis resume. Dari situlah akhirnya cikgu merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

 Hal yang menjadi kebanggan bagi cikgu Tere sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang di buat lalu diposting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, Ia pun tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blognya, sehingga  ia bisa terus memantau grafik pengunjung blog , bahkan melihat banyaknya viewer yang membaca tulisannya.  Ada  contoh artikel yang dibuat cikgu, dibaca dan dilihat oleh ribuan pembaca . Sikakan kunjungi:

https://www.cikgutere.com/2020/04/download-gratis-materi-belajar-di-rumah.html?m=1

Menurut Cikgu sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, ada pengalaman yang unik dan menarik. Ini salah satunya : Suatu saat, salah satu  narasumber saat itu, Ibu Lilis Sutikno, beliau adalah guru PPKn di salah satu SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kepada peserta utk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendapatkan hadiah dari beliau.

Saat itu kondisi di daerah cikgu Tere sedang mati lampu. Sehingga ia harus berjuang untuk bisa terus menulis resume sampai selesai.  Akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita.  Cikgu pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , beliau mengontaknya dan menyatakan dia termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari beliau. Otomatis rasa senang dan bangga usahanya tidak sia- sia. Cikgu Tere  bisa merasakan bagaimana mantara OM Jay menjalari dirinya.

, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". “Saya adalah orang yang sudah merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dengan menulis resume,” demikian testimony cikgu tere. Keajaiban lain datang ketika dia dan peserta yang lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau memberi tantangan menulis buku dalam waktu seminggu. Dan Cikgu Tere termasuk satu dr sekitar 21 peserta yang menjawab tantangan itu. Akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karyanya yang  berkolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta merupakan salah satu penerbit mayor.

Ada  beberapa resume  Cikgu Tere buat yang mendapatkan penghargaan. Anda bisa mengunjunginya.

1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1

2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html

3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1

Seperti yang disampaikan Cikgu Tere, bahwa salah satu motivasi menulisnya adalah untuk berbagi. Maka ia pun berbagi tips resume ala Cikgu Tere. Apa saja tipsnya.

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.

2. Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be your self.

3. Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)

4. Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dengan kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali degan pengantar bahwa sejak kecil sayaa suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat saay bisa menulis buku dan buku saya dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"

 5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.

6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karen asekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain / blogger yang lain.

- Menentukan judul resume yang wow

  Kunjungi  : https://www.cikgutere.com/2020/03/lima-judul-tulisan-yang-menarik-minat.html?m=1

- Mencari referensi terkait topik

- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi

- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.

-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

 8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yngg mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yang menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text untuk mengubahnya menjadi text.

9. Lakukan blog walking untuk mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Kesimpulan :

Menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.( Theresia Sri Rahayu)

 


16 komentar

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021