PERLUKAH KITA MEMBRANDING DIRI SENDIRI?

Author
Published Juni 30, 2020
PERLUKAH KITA MEMBRANDING DIRI SENDIRI?


RESUME BELAJAR MENULIS GEL 12

Pertemuan ke-12

Narasumber : Nanin AB Ibnu Solihin



Pribadi yang hebat adalah mereka yang terus mau belajar memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakakan dan meneladani.
 

Demikian kalimat bijak  yang saya temukan di blog dari sosok yang menjadi narasumber belajar menulis kelas gelombang 12 , Jumat 26 Juni 2020. Seperti yang dinformasikan Om Jay  kelas belajar menulis akan ditemani oleh narasumber bernama Nanim AB Ibnu Solihin. Tema yang  akan dibahas  Membangun Branding Melalui blog dan Media social.

Siapa sosok di balik nama lengkap Nanim AB Ibnu Solihin?

Begitu saya searching link yang diberikan, jujur saya amat kagum begitu membaca kata demi kata yang menguntai di lamannya. Nanim AB Ibnu solihin merupakan founder MotivatorPendidikan.Com. Saat ini aktivitasnya sebagai Motivator dan Trainer Pendidikan, Dosen, Konsultan Pendidikan, Penggiat Pendidikan dan Blogger Pendidikan.

Pengalaman memberikan traning kurang lebih 15 tahun terutama dalam bidang pendidikan. Memiliki keahlian dalam development, public speaking, creative teacher, Islmic parenting, education and technology, personal branding, school branding potencial development dan consultant of Islamic education.

Peserta yang ditrainingnya  dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, orang tua, kepala sekolah, dosen, Pimpinan lembaga, relawan , remaja masjid dan berbagai kalangan lainnya. Membaca profil lengkap beliau Masyaallah luar biasa, sangat menginspirasi sekali. Terutama  perjuangannya dari awal hingga menjadi orang sukses. Prinsp kemandirian yang diterapkan sejak di bangku  sekolah  di pendidikan dasar ( bersekolah sambil bekerja ) menempanya menjadi pribadi yang tangguh , sukses serta penuh kearifan dalam menjalankan kehidupannya di masa sekarang.

Aktivitas harian Pak Nanim jika tidak ada jadwal training dan mengajar adalah menulis. Dia  lebih banyak menulis  PPT  yang didesain menggunakan corel draw dan dipublish melalui slideshare.net. Jadwal menulisnya kisaran pukul 08.00-11.00. di samping juga membuat poster-poster pendidikan yang dishare di  IG dan face book. Sudah banyak PPT dan poster pendidikan serta pengasuhan yang diberikan secara gratis. Sebagaimana yang diniatkannya, “ menulis untuk berbagi inspirasi”

Mempublish materi di slideshare.net menurutnya sama seperti blog. Karya akan dinikmati oleh banyak orang. Jika orang sudah merasakan manfaatnya maka mereka akan menghubunginya. Entah untuk jadi pembicara atau penulis, atau sebagai konsultan. Karenanya jika ingin berbagi materi melalui PPT  buatlah PPT yang keren agar file menarik untuk dibaca dan  dilihat orang.

Motivasi terbesar beliau untuk sukses adalah bahwa  hidupnya ingin dirasakan manfaatnya oleh  banyak orang. Nah Supaya menjadi orang yang banyak memberikan manfaat maka tahapan yang harus dilakukan adalah belajar terlebih dahulu. Kemudian mengalami langsung, setelah itu berusaha memberikan yang terbaik untuk orang lain. Sejalan motto hidupnya “Jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakan dan meneladani. Dalam perjalanannya kita wajib terus memantaskan diri untuk selalu menjadi pribadi yang berkualitas.

Saat ini menurut Pak Nanim, motivasi terbesarnya adalah Ia ingin mewujudkan visi dan kurikulum keluarganya  menjadi anak-anak yang shalih. Atas motivasi inilah beliau konon mendidik putranya dengan cara @ anaktanpagadget, tv dan bioskop. Semoga terwujud pak.

Tips yang diberikan dalam memotivasi diri sendiri agar konsiten menulis  adalah dengan  rumus 5A, yakni dipaksA, terpaksA, kepaksA, biasA dan terbiasA. Paksakan dulu diri menulis  minimal  15 menit perhari selama 3 bulan. Buktikan, Insyaallah akan terbiasa.

Perlukah sesorang membranding diri ?

Membangun branding  memang tidak mudah, tetapi jika bersungguh- sungguh Insyaallah akan dimudahkan. Membangun branding harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Namun jangan coba-coba membangun branding  tertentu sementara ilmunya tidak dimiliki. Membangun branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di blog , medsos dan segala aktivitas yang dilakukan. Menulis konten  blog dengan konsisten pada branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau ingin dikenal sebagi pakar pendidikan misalnya, maka harus menulis secara konsiten hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Jika sesorang punya tujuan untuk dikenal public agar ilmunya banyak dirasakan  manfaatya oleh banyak orang maka branding adalah wajib.  Sebagai guru pun sah-sah saja melakukan branding dengan tujuan bukan sekedar ingin  dikenal public akan tetapi niatkan jika ilmu yang diberikan dirasakan banyak memberikan manfaat. Jika belum paham tentang branding tak perlu pusing. Fokus saja menulis sesuai kemampuan kita.

Diakuinya bahwa menulis dan membangun branding telah mengantarkan Pak Nanim AB Ibnu Solihin keliling Indonesia. Beliau sudah mengisi training lebih dari 300 lembaga sejak 2014- sekarang.

Bagaimana dengan Anda ? tertarik untuk membangun Branding?

Demikian pencerahan yang diberikan oleh bapak Nanin AB Ibnu sholihin. Sebagai simpulan teruslah bersemangat memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakhan dan meneladani. Teruslah belajar dari berbagai sumber, perbanyak membaca buku, mengingat tak mungkin kita menulis jika malas membaca. Jadilah sebaik-baik manusia yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang.

Semoga manfaat.

Penulis: Husnul Hafifah

Selengkapnya anda bisa mengunjungi link berikut:

Profile : https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-nanim-ab-ibnu-solihin/

Materi training gratis : https://www.slideshare.net/mobile/nanimsekolahakhlak

Web konten pendidikan: https://motivatorpendidikan.com

Blog pendidikan: https://motivatorkreatif.wordpress.com


7 komentar

  1. Alhamdulillah sangat bagus sekali terulah menulis dan menulis jangan pernah berhenti raihlah mimpimu untuk menerbitkan buku, cetak sejarah dalam kehidupan tingkat an semangat untuk menulis dan menulis ok

    BalasHapus
  2. Keren tuh....Ga ada kata terlambat untuk maju..tetap semangat ya...

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021