Refleksi Sebelum Tidur

Author
Published Juni 16, 2020
Refleksi Sebelum Tidur
 

 Sekolah Libur Guru Ngangur Kepala sekolah Tidur Pengawas ? Mendengkur


 Beberapa waktu lalu saya membaca curhatan teman di salah satu wag . Yang namanya curhat rata-rata adalah kaum hawa. "

Rek ayo perbaiki kinerja, meskipun kita tiap pekan lapor harian, itu lho kita masih disindir saja".
Enak ya sekolah libur. Gurunya nganggur,kepalanya tidur lha pengawasnya ? Mendengkur!

Rada panas sih mendengarnya. Tapi ndak boleh dipikir serius amat apalagi kebawa marah. Yang menyindir juga tidak salah kok, karena yang dilihatnya memang gedung sekolah pintunya ditutup semua. Mereka tidak tahu walau pintu sekolah ditutup sekolah bisa melalui dunia maya.

Sindiran atau tudingan yang tidak sepenuhnya benar ini selayaknya mari jadikan evaluasi agar kita lebih meningkatkan diri. Berkaca dari pengalaman menggunakan daring yang tanpa variasi, monoton dengan tugas dan searah . Sudah waktunya kita ubah. Banyak cara menemukan metode pembelajaran yang kreative dan inovatif yang ditawarkan melalui daring dan webinar. baik yang gratis maupun berbayar.tinggal menyiapkan niat yang kuat , paket data dan signal.

Sebagai insan pendidikan, bergabunglah dengan komuntitas pendidikan, WFH jangan rebahan saja. Buktikan bahwa tudingan miring tentang kinerja kita tak benar adanya. Sekolah pintunya boleh dikunci namun belajar tak boleh berhenti. Guru pun harus meningkatkan kualitas diri, Ingatlah bahwa guru adalah agen perubahan jangan berhenti belajar. Jika guru berhenti belajar  perubahab dan peradaban akan terhenti. Maka jika guru berhenti  belajar sebaiknya  juga berhenti mengajar.

Ingat pernyataan Mas Mentri pendidikan dan kebudayaan tentang penyelenggaran pembelajaran semasa pandemi covid -19 pada webinar 15 Juni kemarin.

.Prinsip utama; Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik,tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat menjadi perioritas utama. tahun pelajaran tetap dimulai juli 2020.,akan tetapi yang boleh menyelenggarakan KBM tatap muka hanya mereka yang berada di zona hijau (6%) saja. Itupun harus memenuhi persyaratan dan protokol kesehatan yang ketat. Diberlakukan secara berjenjang dan bertahap bagi SMK/SMA MA/SMP/MTs.

Artinya kita sebagai pendidik di luar zona hijau tetap melaksanakan WFH akan bertambah panjanglah kebosanan kita, jika tidak cerdas memenajnya. PRnya adalah tetap berkaraya buktikan kita tidak rebahan saja!


.

7 komentar

  1. "Sekolah boleh terkunci, belajar tak boleh berhenti" Kereeeeen bu quote nya.

    BalasHapus
  2. Orang yg menilai berarti yg melakukan....
    Pekerjaan smp kejar tayang dan waktu serasa kurang dlm sehari
    Lelah pikiran...

    BalasHapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021